REDJO AGOENG MOTOR – Pusat Jual Beli Motor Bekas Berkualitas di Madiun

PUSAT JUAL BELI MOTOR & MOBIL BEKAS BERKUALITAS HARGA MURAH DI MADIUN & SEKITARNYA

UD. REDJO AGOENG MOTOR

Jl. Yos Sudarso No. 12B, Kel. Patihan, Kota Madiun, Jawa Timur

Menu

Tips Mengendarai Mobil Saat Terjebak Banjir

Senin, Desember 16th 2013.
Tips Mengendarai Mobil Saat Terjebak Banjir.  Musim penghujan belumlah usai dan ruas-ruas jalan berbagai kota di Indonesia masih banyak yang tergenang air. Disatu sisi anda harus melakukan aktivitas dan menggunakan kendaraan mobil untuk menuju tempat aktivitas anda.
Jalur manapun yang anda lalui saat ini pasti akan menemui genangan air baik itu genangan rendah hingga banjir yang cukup tinggi, bila hal ini yang anda hadapi sebaiknya anda ikuti tips berikut agar mobil yang anda kendarai tidak mogok dan rusak saat menerjang banjir.
indexf
Dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini maka akan dapat mengurangi resiko kemungkinan kendaraan anda mogok atau mengalami kerusakan, berikut langkah-langkahnya :
  • Jangan memacu kencang kendaraan saat melintasi banjir. Kebanyakan orang ngebut saat melintasi genangan banjir, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada bemper apalagi bila genangan air banyak benda-benda yang dapat menggores bemper anda. Disamping itu kendaraan yang melaju kencang saat banjir akan menyebabkan air terangkat ke kap mesin dan jendela depan akibatnya bisa merusak bagian mesin dan kaca mobil menjadi buram karena air kotor. Mobil yang diproduksi saat ini sudah banyak yang menggunakan sistem¬†injection yang dapat menjaga RPM dengan stabil, sehingga anda dapat melalui banjir dengan perlahan dengan menggunakan gigi 1 agar putaran RPM tetap tinggi.
  • Tidak perlu menginjak pedal gas dalam-dalam apalagi dengan menggantung kopling, banyak orang melakukan hal ini agar air tidak masuk knalpot. Hal tersebut tidak perlu dilakukan karena justru akan membuat plat kopling anda cepat aus, air tidak akan masuk ke knalpot selama kondisi mesin masih menyala karena dorongan udara yang keluar dari knalpot akan mencegah masuknya air. Mobil yang mogok biasanya disebabkan karena filter udara atau intake pada bagian mesin kemasukan air, jadi bila posisi filter udara mobil anda tinggi maka tidak perlu khawatir mogok, karena semakin mesin di gas maka filter udara akan semakin kencang menarik udara hal ini akan membuat resiko mesin kemasukan air lebih besar.
  • Kanvas rem yang baru saja melalui genangan air akan licin karena basah, untuk itu setelah melalui banjir disarankan agar mencoba rem berkali-kali hingga kondisi rem normal kembali. Jangan langsung tancap gas dan cukup berjalan perlahan sambil terus mencoba sistem rem mobil anda apakah sudah benar-benar bekerja dengan sempurna.
  • Periksa wiper dan campuran air wiper apakah telah bekerja dengan baik, karena pada musim penghujan dan banjir seperti ini seringkali kaca mobil terguyur air hujan atau terkena air genangan banjir sehingga dengan wiper yang baik akan membuat pandangan anda lebih baik dan mengurangi resiko kecelakaan.
  • Periksa peralatan darurat di mobil dan pastikan sudah tersedia untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti mogok, ban kempes dan lain-lain.
  • Disiplin dalam berlalu lintas serta mental pengemudi yang baik akan sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan anda dalam berkendara.
Demikian info mengenai Tips Mengendarai Mobil Saat Terjebak Banjir semoga bermanfaat.
UD REDJO AGOENG MOTOR Pusatnya Jual Beli Motor/Mobil Bekas Berkualitas di Madiun dan sekitarnya.

Mobil Terbaru

Rp 5,3 Jt
Tahun : 2010
Bahan Bakar : Bensin
Transmisi : Manual
Rp 7,5 juta
Tahun : 2010
Bahan Bakar : Bensin
Transmisi : Manual
Rp 8,5 Juta
Tahun : 2012
Bahan Bakar : Bensin
Transmisi : Manual
Rp 16 Juta
Tahun : 2016
Bahan Bakar : Pertamax
Transmisi : Matic
Rp 6.3 Jt`
Tahun : 2005
Bahan Bakar : Bensin
Transmisi : Manual
Rp 10 Juta
Tahun : 2014
Bahan Bakar : Bensin
Transmisi : Matic